Home / Latest News

Perbesar Peluang Pasar Industri Furnitur dan Peningkatan Daya Saing

2019-03-11

Jakarta, 11 Maret 2019 – Bertempat di JIEXpo Convention Centre and Theatre, Kemayoran, hari ini (11/3), pameran Indonesia International Furniture Expo (IFEX) secara resmi dibuka. Pameran mebel dan kerajinan B2B (business to business) terbesar di Indonesia dan kawasan regional ini secara resmi dibuka oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto, Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, Victoria br Simanungkalit, didampingi Ketua Umum Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), Soenoto, Perwakilan Manajemen Dyandra Promosindo, Daswar Marpaung, dan Perwakilan Manajemen Kompas Gramedia, Rikard Bagun.

Dalam sambutannya, Menteri Airlangga menyatakan Indonesia memiliki modal besar untuk menjadi pemain utama industri furnitur, terutama melalui rotan. “Kementerian Perindustrian telah membuka Pusat Inovasi Rotan Nasional (PIRnas) di Palu. Kami harap pusat riset ini bisa digunakan oleh industri untuk meningkatkan daya saing industri,” ujar Airlangga. Ia mendorong HIMKI untuk memperluas pusat-pusat industri furnitur di luar Jawa.

Selain itu, Kemenperin juga mendorong peningkatan SDM melalui pembukaan politeknik khusus pengembangan furnitur di Kendal, Semarang, Jawa Tengah, yang merupakan bagian dari kawasan industri Jawa Tengah. Dalam kurun dua tahun, kawasan industri ini telah berhasil menarik 50 investor dengan nilai investasi sebesar US$500 juta.

Sementara itu, Ketua Umum HIMKI menyatakan untuk memajukan industri furnitur Indonesia diperlukan kerjasama dengan negara lain misalnya dengan Cina yang saat ini menjadi eksportir utama furnitur di dunia dengan nilai ekspor mencapai lebih dari US$50 miliar. Nilai ekspor furnitur Indonesia sendiri saat ini baru mencapai US$2,5 miliar. Ia optimis industri furnitur lokal bisa berkembang apabila potensi lokal bisa terus ditingkatkan. Pembukaan politeknik khusus furnitur di Kendal merupakan salah satu upaya mendukung pertumbuhan industri furnitur melalui penciptaan SDM yang berkualitas.

Dengan sistem pembelajaran yang menggabungkan antara pendidikan di kampus dengan praktik kerja di industri, politeknik ini diharapkan mampu menciptakan SDM yang berkompeten dan siap kerja untuk mendukung pertumbuhan industri furnitur dan kerajinan tanah air. Selain itu, politeknik ini juga didirikan dengan tujuan sebagai pusat inovasi teknologi dan pengembangan produk industri furnitur dan pengolahan kayu di dalam negeri. 

Selain SDM, ketersediaan bahan baku juga menjadi bagian yang tidak kalah penting dalam mendukung pertumbuhan industri furnitur tanah air. Kementerian Perindustrian diharapkan bisa memfasilitasi pembentukan bahan baku untuk memenuhi kebutuhan bahan produksi industri furnitur dan kerajinan dalam negeri. Untuk itu, Kementerian Perindustrian juga melakukan koordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk mencari jalan keluar terkait ketersediaan bahan baku. Koordinasi lintas kementerian sangat diperlukan untuk memacu pengembangan industri furnitur dan kerajinan di Indonesia.

Dukungan nyata pemerintah melalui lintas kementerian diharapkan mampu mendorong Indonesia menjadi pemain utama industri furnitur dunia. “Kita memiliki banyak keunggulan dalam hal kekayaan budaya, bahan baku yang ramah lingkungan, keahlian perajin, desain yang unik dan lain-lain. Oleh karena itu kami di HIMKI optimis bahwa Indonesia bisa menjadi pemain penting industri furnitur dunia bahkan menjadi barometer perkembangan industri furnitur di Asia bahkan dunia,” pungkas Soenoto.

------------------------------------------------------------------

Tentang HIMKI

HIMKI merupakan hasil peleburan dari dua organisasi industri mebel dan kerajinan, AMKRI dan Asmindo. Peleburan ini terwujud atas keinginan kuat dari Presiden RI Joko Widodo untuk menyatukan kedua asosiasi agar menjadi wadah tunggal yang kuat, besar dan dapat menjadi partner pemerintah yang kritis untuk mendorong daya saing produk mebel dan kerajinan di pasar dalam negeri dan luar negeri.

Pembentukan HIMKI dideklarasikan pada tanggal 31 Mei 2016 di Jakarta yang pengukuhannya dilakukan pada tanggal 28 Juli 2016 di Gedung Kementerian Perindustrian Jakarta dan direstui oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo di Istana Negara Jakarta pada tanggal yang sama.

HIMKI didirikan atas dasar kesamaan visi, misi dan tujuan di antara para anggotanya untuk bersama-sama memajukan industri mebel dan kerajinan nasional. Organisasi ini diharapkan menjadi institusi yang aspiratif dan akomodatif dengan semangat kesetaraan di antara sesama anggotanya.

Tentang Dyandra Promosindo

Dyandra Promosindo adalah Professional Event Organizer (PEO) di Indonesia yang merupakan sub-holding company dari PT Dyandra Media International (DMI). Sejak berdiri pada tahun 1994, Dyandra Promosindo berhasil mencetak rekam jejak pameran yang mengesankan di seluruh Indonesia. Dyandra Promosindo telah menggelar lebih dari 850 pameran di Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Bali, Makassar, Medan dan berbagai kota besar lain di Indonesia. Dengan lebih dari 1.000 peserta pameran setiap tahun, termasuk peserta dari luar negeri, Dyandra Promosindo telah membuktikan diri sebagai rekan bisnis terpercaya sambil terus meningkatkan diri menuju budaya pameran yang lebih baik di Indonesia. Berbagai pameran yang telah digelar antara lain pameran B2B, pameran B2C, konser musik, konferensi dan summit.

Dyandra Promosindo telah menjadi PEO pertama di Indonesia yang memiliki sertifikasi ISO 9001:2008 untuk sistem kualitas manajemen.

Pameran yang diselenggarakan antara lain: Indonesia International Motor Show, Indonesia International Furniture Expo, Indonesian Petroleum Association Convex, Indonesia E-Commerce Summit & Expo, Indonesia Cellular Show, International Franchise, License and Business Concept Expo & Conference, Garuda Indonesia Travel Fair, dan lain-lain.

Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi:

Maulana S. Jaelani – 0858-4003-0371

Rantika A. – 0813-8138-2003

press@ifexindonesia.com

www.ifexindonesia.com

Recent News

Perbesar Peluang Pasar Industri Furnitur dan Peningkatan Daya Saing

Jakarta, 11 Maret 2019 – Bertempat di JIEXpo Convention Centre and Theatre, Kemayoran, hari ini... ...

Read more
Gelaran IFEX 2019 Lebih Kaya dan Lebih Berwarna

Jakarta, 25 Februari 2019 – Gelaran Indonesia International Furniture Expo (IFEX) terus menunjukk... ...

Read more
HIMKI Optimis Mencapai Target Ekspor

Jakarta, 18 Januari 2019 – Nilai ekspor industri mebel dan kerajinan Indonesia ditargetkan mencap... ...

Read more
IFEX Dorong Nilai Ekspor Industri Mebel dan Kerajinan

Jakarta, 27 Desember 2018 – Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesi... ...

Read more