Home / Latest News

HIMKI Optimis Mencapai Target Ekspor

2019-01-18

Jakarta, 18 Januari 2019 – Nilai ekspor industri mebel dan kerajinan Indonesia ditargetkan mencapai US$3 miliar pada tahun ini. Para pelaku industri yang tergabung dalam Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) cukup yakin target ini bisa terpenuhi. Pasalnya, pada kuartal ketiga 2018, nilai ekspor industri ini telah mencapai US$2,5 miliar.

Sejak pertama kali diselenggarakan, IFEX telah menjadi barometer perkembangan industri mebel dan kerajinan di Indonesia dan menjadi rujukan para pemain industri dunia. Dari tahun ke tahun minat peserta dan pengunjung terus meningkat. Pada penyelenggaraan tahun 2016, IFEX berhasil menarik sebanyak 9 ribu pengunjung, pada tahun 2017 jumlahnya mencapai 11 ribu pengunjung dan tahun 2018 mencapai lebih dari 11 ribu pengunjung yang terdiri dari pengunjung dalam maupun luar negeri.

Buyers luar negeri memberikan respon yang sangat positif terhadap IFEX dan ini merupakan potensi yang harus kita jaga. Di IFEX, kami akan menghadirkan berbagai produk dan program unggulan lain untuk menunjukkan kualitas produk mebel dan kerajinan Indonesia,” tegas Soenoto.

Dorong Penggunaan Digital

Di era industri 4.0 dimana pemanfaatan Internet sudah sedemikian masif, industri mebel dan kerajinan juga dituntut untuk menerapkan internet dan bergerak ke arah digital. Laporan McKinsey & Company menyatakan potensi ekonomi digital Indonesia US$150 miliar pada 2025. Industri mebel dan kerajinan diharapkan bisa mendapatkan keuntungan dari nilai potensi ekonomi yang besar ini.

Para pelaku industri tanah air sudah mulai melakukan hal ini dengan membuat laman website dan aktif di berbagai platform sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain-lain. IFEX sendiri sebagai pameran rujukan para pelaku industri mebel dan kerajinan tanah air selalu mengupdate situs www.ifexindonesia.com sebagai sumber informasi peserta dan pengunjung. Melalui situs tersebut, para pengunjung bisa melakukan registrasi secara online mulai sekarang. Situs tersebut juga memberikan berbagai informasi terkait layout, berita terkini, layanan akomodasi, visa, dan lain-lain. Sejak tahun lalu, IFEX bahkan memiliki aplikasi yang bisa diunduh melalui Apple Store dan Play Store.

Para jurnalis peliput juga bisa menggunakan layanan registrasi online untuk mendapatkan ID Media peliput IFEX 2019. Registrasi dibuka mulai 21 Desember 2018 sampai dengan 22 Februari 2019. 

“Saat ini penggunaan teknologi menjadi hal yang mutlak dalam berbagai industri termasuk industri furnitur dan craft. Pemanfaatan teknologi di industri ini tidak saja dilakukan di pabrik atau pusat kerajinan tetapi juga di tingkat manajemen untuk mempermudah interaksi antara produsen dan konsumen. Ke depan saya rasa pemanfaatan internet akan terus berkembang dan ikut menjadi bagian penting dari pertumbuhan industri mebel dan kerajinan Indonesia,” pungkas Ir. Soenoto, Ketua Umum HIMKI. 

------------------------------------------------------------------

Tentang HIMKI

HIMKI merupakan hasil peleburan dari dua organisasi industri mebel dan kerajinan, AMKRI dan Asmindo. Peleburan ini terwujud atas keinginan kuat dari Presiden RI Joko Widodo untuk menyatukan kedua asosiasi agar menjadi wadah tunggal yang kuat, besar dan dapat menjadi partner pemerintah yang kritis untuk mendorong daya saing produk mebel dan kerajinan di pasar dalam negeri dan luar negeri.

Pembentukan HIMKI dideklarasikan pada tanggal 31 Mei 2016 di Jakarta yang pengukuhannya dilakukan pada tanggal 28 Juli 2016 di Gedung Kementerian Perindustrian Jakarta dan direstui oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo di Istana Negara Jakarta pada tanggal yang sama.

HIMKI didirikan atas dasar kesamaan visi, misi dan tujuan di antara para anggotanya untuk bersama-sama memajukan industri mebel dan kerajinan nasional. Organisasi ini diharapkan menjadi institusi yang aspiratif dan akomodatif dengan semangat kesetaraan di antara sesama anggotanya.

Tentang Dyandra Promosindo

Dyandra Promosindo adalah Professional Exhibition Organizer (PEO) di Indonesia yang merupakan sub-holding company dari PT Dyandra Media International (DMI). Sejak berdiri pada tahun 1994, Dyandra Promosindo berhasil mencetak rekam jejak pameran yang mengesankan di seluruh Indonesia. Dyandra Promosindo telah menggelar lebih dari 850 pameran di Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Bali, Makassar, Medan dan berbagai kota besar lain di Indonesia. Dengan lebih dari 1.000 peserta pameran setiap tahun, termasuk peserta dari luar negeri, Dyandra Promosindo telah membuktikan diri sebagai rekan bisnis terpercaya sambil terus meningkatkan diri menuju budaya pameran yang lebih baik di Indonesia. Berbagai pameran yang telah digelar antara lain pameran B2B, pameran B2C, konser musik, konferensi dan summit.

Dyandra Promosindo telah menjadi PEO pertama di Indonesia yang memiliki sertifikasi ISO 9001:2008 untuk sistem kualitas manajemen.

Pameran yang diselenggarakan antara lain: Indonesia International Motor Show, Indonesia International Furniture Expo, Indonesian Petroleum Association Convex, Indonesia E-Commerce Summit & Expo, Indonesia Cellular Show, International Franchise, License and Business Concept Expo & Conference, Garuda Indonesia Travel Fair, dan lain-lain.

Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi:

Maulana S. Jaelani – 0858-4003-0371

Rantika A. – 0813-8138-2003

press@ifexindonesia.com

www.ifexindonesia.com

Recent News

Perbesar Peluang Pasar Industri Furnitur dan Peningkatan Daya Saing

Jakarta, 11 Maret 2019 – Bertempat di JIEXpo Convention Centre and Theatre, Kemayoran, hari ini... ...

Read more
Gelaran IFEX 2019 Lebih Kaya dan Lebih Berwarna

Jakarta, 25 Februari 2019 – Gelaran Indonesia International Furniture Expo (IFEX) terus menunjukk... ...

Read more
HIMKI Optimis Mencapai Target Ekspor

Jakarta, 18 Januari 2019 – Nilai ekspor industri mebel dan kerajinan Indonesia ditargetkan mencap... ...

Read more
IFEX Dorong Nilai Ekspor Industri Mebel dan Kerajinan

Jakarta, 27 Desember 2018 – Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesi... ...

Read more